Cara Melepas Keran Dapur dengan Mudah

Sebelum Anda mendapatkan keran baru, pertama-tama Anda harus menghapus yang lama.

Langkah 1 – Matikan air

Sebelum Anda mulai pastikan Anda telah mematikan pasokan air ke keran.

Pipa atau selang fleksibel yang memasok keran Anda, harus memiliki katup isolasi yang dipasang pada keluarannya. Ini dioperasikan oleh tuas jempol atau kepala sekrup berlubang yang membutuhkan obeng. Terapkan seperempat putaran untuk mematikan air. Air mati ketika tuas atau slot berada di sudut kanan ke pipa.

Jalankan keran saat Anda mengisolasi untuk memastikan aliran air telah berhenti. Jika Anda tidak memiliki katup isolasi independen, Anda harus mematikan persediaan air dengan menutup sumbat utama. Kemungkinan juga akan ada katup di tangki pasokan air panas. Jalankan keran, panas dan dingin untuk memastikan semua aliran air telah berhenti.

Langkah 2 – Persiapkan

Bersihkan semuanya dari bawah wastafel untuk memberi Anda cukup ruang untuk bekerja. Letakkan handuk dan siapkan mangkuk untuk menampung sisa air saat Anda membatalkan sambungan pipa. 

Pastikan Anda memahami instruksi pemasangan keran pengganti terlebih dahulu dan pastikan Anda memiliki semua alat yang Anda butuhkan.

Langkah 3 – Putuskan sambungan keran dari sumber air utama

Sekarang setelah Anda mengisolasi pasokan air, Anda dapat memutuskan keran.

Untuk sambungan pipa air standar, longgarkan mur tempat keran bergabung dengan pipa dengan kunci pas terbuka. Mendukung keran untuk menghentikannya memutar pada saat yang sama. Anda mungkin membutuhkan seseorang untuk membantu hal ini jika Anda tidak dapat mencapainya. Harapkan air keluar pada saat ini. Buka mur sepenuhnya untuk membebaskan koneksi air.

Jangan lupa baca: kusen aluminium per meter

Untuk koneksi selang fleksibel, longgarkan mur di tempat mereka bergabung dengan sambungan pipa air utama atau katup isolator jika dipasang. Saat Anda melonggarkan, pegang koneksi atau katup dengan kunci pas atau tang yang dapat disesuaikan (untuk menghindari tekanan terlalu banyak!). Sebaiknya lindungi rahang dengan kain pembersih agar tidak tergores. Kacang mungkin menjadi kencang seiring waktu. Buka sepenuhnya untuk membebaskan koneksi air.

Langkah 4 – Mengekstrak keran yang ada

READ  Tips Menjadi Tukang Bangunan Yang Serba Bisa

Untuk melepaskan keran, kendurkan mur yang menjepitnya ke permukaan pemasangan, pegang keran untuk menghentikannya berputar. Anda mungkin memerlukan bantuan jika Anda tidak dapat mencapainya.

Alat yang Anda perlukan pada tahap ini akan tergantung pada gaya keran yang Anda hapus. Untuk gaya pilar tradisional dan kombinasi jembatan individual yang membawa mur retensi besar (biasanya diposisikan dengan akses terbatas), Anda akan memerlukan kunci pas baskom atau kunci pas kotak mur belakang pada ukuran yang benar untuk melonggarkannya. Melepaskan mur sepenuhnya akan memungkinkan keran dilepas. Pastikan tidak ada pencuci yang tersisa dari segel yang tersisa tergantung.

Untuk kombinasi satu blok dan keran mixer Anda akan membutuhkan ujung terbuka atau, di area akses terbatas, kunci pas kotak berukuran sesuai untuk melonggarkan mur penahan pada stud pengamannya. Sekali lagi, dengan memegang keran di atas dan meminta seseorang untuk membantu jika Anda perlu.

Melepas mur sepenuhnya dari stud akan memungkinkan keran dilepas lengkap dengan selang fleksibelnya. Pastikan tidak ada pencuci atau segel terkait yang tertinggal tergantung. Berhati-hatilah saat Anda menarik ujung selang, terutama pada wastafel stainless steel di mana ujung-ujungnya yang tajam dapat terlihat.

Setelah keran dilepas, bersihkan residu atau masalah apa pun dari sambungan pipa listrik terbuka di bawah bak cuci.

Pastikan kombinasi baru atau keran mixer Anda dilengkapi dengan selang baru. Keran yang dilepas dengan koneksi selang dapat dibuang dengan baik