Cara Mudah Membuat Pintu Geser Minimalis

Salah satu dari ciri khas desain rumah minimalis terutama untuk jenis-jenis pintu rumah yang digunakan adalah pintu geser. Pintu geser tidak memerlukan area yang cukup besar untuk membukanya, oleh karena itu pintu model ini biasanya dibuat untuk Pintu Rumah Minimalis dan sangat cocok diletakkan di ruangan rumah yang sempit. Namun bukan berarti rumah yang luas tidak cocok menggunakan pintu geser. Pintu geser dapat terbuat dari kaca, kayu atau aluminium.

Salah satu model pintu geser yang dapat anda buat sendiri adalah yang terbuat dari kayu. Bagaimanakah caranya?

Berikut langkah-langkah yang perlu anda ikuti untuk membuat pintu geser kayu : .

a. Penempatan pintu yang sesuai

Tentukan penempatan pintu geser di rumah anda. Jika anda berniat mengganti pintu lama dengan pintu geser kayu baru, pastikan untuk melepasnya dengan teliti sehingga tidak merusak kusen terutama jika pintu lama tersebut menggunakan engsel putar. Karena nantinya kusen tersebut juga akan dipakai oleh pintu geser kayu, engsel harus terlepas sempurna.

Anda akan perlu pula memeriksa kondisi dinding sekitar kusen, apakah terdapat retakan atau tidak. Segeralah perbaiki retakan karena tembok yang retak itu berbahaya.

b. Pemilihan jenis kayu yang d diinginkan

Ada beragam jenis kayu yang dapat digunakan untuk membuat pintu. Mulai dari kayu jati, kayu meranti ataupun kayu ulin. Tiap kayu memiliki kelebihan dan karakteristik yang berbeda-beda. Harga yang ditawarkan pun bervariasi dilihat dari ukuran kayu, kualitas serta asal kayu tersebut.

Selain itu, masing-masing kayu memiliki warna yang sepintas berbeda. Kayu meranti merah memiliki serat yang timbul jelas dan berwarna kemerahan sementara kayu ulin berserat halus dengan warna cokelat muda. Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk memilih kayu yang ringan agar pintu geser mudah untuk digerakkan.

c. Pembuatan kerangka

Jika anda telah memilih kayu untuk pintu geser, tahapan selanjutnya yaitu pembuatan kerangka. Kerangka yang akan dibuat harus disesuaikan dengan kusen di dinding. Ukuran standar adalah 180 cm x 50 cm. Anda akan memerlukan 7 bilah kayu dengan panjang yang berbeda. Empat buah kayu dipotong sesuai ukuran kusen sementara dua kayu dipotong dengan ukuran setengah dari panjang kusen.

READ  Tips Perpaduan Dua Jenis Lantai di Dapur

Sepotong kayu terakhir dipotong sesuai lebar kusen yang ada. Kemudian, potong pula dua buah triplek berukuran 180 cm x 50 cm yang nantinya akan berfungsi menutupi kerangka kayu. Gunakan gergaji kayu untuk memotong dan jangan sampai ukurannya meleset agar kayu tidak terbuang sia-sia Jangan lupa untuk mengamplas kayu untuk menghilangkan serat-serat yang mencuat.

d. Penyusunan kerangka pintu

Tahap lanjutan dari pemotongan kayu untuk kerangka adalah penyusunan kayu tersebut menjadi kerangka pintu utuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat 7 bilah kayu yang terbagi ke dalam tiga bagian. Bagian yang harus disusun pertama yaitu empat buah kayu yang berukuran sesuai kusen. Gabungkanlah menjadi bentuk persegi panjang menggunakan paku kayu.