Mengulas Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Bata Ringan

bata ringan

Di zaman sekarang ini selain teknologi, perkembangan konstruksi bangunan terus mengalami peningkatan. Salah satunya adalah hadirnya bata ringan sebagai alternatif lain untuk membangun pondasi rumah. Meskipun lebih ringan dibandingkan bata merah ataupun batako, bata ini tetap memiliki kekuatan yang sama dan dapat dijadikan sebagai bahan bangunan yang berkualitas.

Hal ini dibuktikan dengan semakin banyak pada developer bangunan yang lebih menggunakan bata ringan dibandingkan bata jenis lainnya. Karena selain ringan dan praktis, pengerjaan pembangunan rumah juga terhitung lebih cepat selesainya.

Kelebihan Menggunakan Bahan Bata Ringan untuk Konstruksi Bangunan

bata ringan

Ketika membangun konstruksi sebuah bangunan tentu harus dipertimbangkan dengan matang agar menghasilkan bangunan yang kokoh dan kuat. Untuk menghasilkan bangunan yang kuat tentunya diperlukan pondasi yang kuat dengan material yang kokoh. Bata jenis ini sangat bisa diandalkan untuk membuat podasi bangunan menjadi lebih kuat.

Harga bata ringan memang terbilang lebih mahal dibandingkan bata merah biasa, tapi hal tersebut sangat sesuai dengan kegunaannya. Seperti halnya harga bata ringan Jakarta yang cukup lumayan. Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan bahan bata ringan untuk bangunan:

  • Tersedia jenis yang beragam

Bata ringan memiliki beberapa jenis, beberapa bata ringan hebel yang paling banyak digunakan adalah bata ringan citicon. Bata jenis ini banyak digunakan karena banyak terdapat kelebihannya di antaranya adalah kuat tahan api, tahan gempa, memiliki daya serap air yang rendah, tahan terhadap bising, serta memberikan rasa yang lebih sejuk. Karena berbagai kelebihannya, tak heran jika harga bata ringan citicon memiliki pasaran harga yang lebih tinggi dibanding dengan bata jenis lainnya.

Karena harganya relatif tinggi, Anda perlu memperkirakan jumlah bata yang akan digunakan agar tidak banyak yang terbuang. Harga bata ringan juga akan mempengaruhi ukuran bata ringan yang dipilih. Maka dari itu, Anda perlu mengetahuinya dengan pasti mengenai jumlah dan ukuran yang tepat untuk konstruksi bangunan Anda.

  • Pengerjaan pembangunan rumah lebih efisien

Pembangunan yang menggunakan bahan bangunan dari bata jenis ini cenderung lebih cepat selesai dan efisien. Maka dari itu, tak heran bata ini sering digunakan untuk membangun bangunan besar seperti apartemen, rumah sakit, hotel, dan lain sebagainya. Bata ringan juga sudah mulai banyak dijual di beberapa toko bangunan. Namun setiap kota biasanya memiliki harga yang berbeda-beda. Harga bata ringan Surabaya akan berbeda dengan harga bata ringan Malang, ataupun dengan kota lainnya. Untuk itu Anda perlu selalu cross check untuk mengetahui harga yang paling tepat dengan Anda.

  • Konstruksi bangunan lebih kokoh

Kelebihan yang paling penting dari menggunakan bata jenis ini adalah dapat membuat pondasi dan konstruksi bangunan menjadi lebih kuat. Hal ini dikarenakan karena sifatnya yang ringan, tidak akan membuat bangunan cepat roboh saat terjadi gempa. Untuk itu, dengan berbagai kelebihannya tak heran jika kisaran harga bata ringan memang selalu lebih mahal dibanding dengan jenis bata lainnya.

READ  Meski Omset Merosot 50 Persen, Ini yang Dilakuakn Toko Bahan Bangunan di Banjarmasin