Cara Memasang Lantai Laminasi Lengkap

Di sini kami akan membawa Anda melalui setiap tahap peletakan lantai baru Anda, termasuk mengatasi rintangan seperti pipa radiator hingga sentuhan akhir seperti menambahkan trim lantai. Jika Anda tidak akan menempelkan lantai atas kayu asli Anda, langkah-langkahnya akan persis sama dan dibuat lebih sederhana berkat sistem drop-click dan fitting sudut-ke-sudut.

Sebelum Anda memulai proyek lantai Anda, pastikan Anda sudah menyiapkannya dengan benar. Lihatlah panduan kami untuk mempersiapkan laminasi atau lantai lapisan kayu asli. Dan, jika Anda masih sibuk memilih lantai Anda, lihat panduan pembeli kami untuk laminasi dan lantai kayu.

Cara pemasangan atau penguncian papan sedikit berbeda di antara produsen, jadi selalu periksa instruksi pemasangan yang disertakan dengan lantai Anda. Dua jenis umum sistem klik yang tersedia adalah angle-to-angle dan drop-lock (juga dikenal sebagai push-click atau G5).

Langkah 1
Lepaskan lantai yang ada dan pastikan lantai sempurna, sehat, kering, dan bersih.

Langkah 2
Gunakan kalkulator lantai kami untuk mengetahui berapa banyak papan lantai yang akan Anda butuhkan untuk ruang Anda. Setelah Anda mengangkat lantai, tinggalkan bungkusan di dalam ruangan selama 48 jam untuk menyesuaikan diri.

Langkah 3
Untuk lantai bawah beton, letakkan membran anti lembab untuk melindunginya dari kelembaban. Peletakan dasar di bawah lantai laminasi dapat membantu dengan isolasi akustik dan termal. Letakkan ini dengan cara yang berlawanan dengan lantai Anda.

Langkah 4
Karena sifat dari bagaimana laminasi dibuat, mungkin ada sedikit variasi warna yang dapat luput dari perhatian jika Anda mencampur papan dari kemasan yang berbeda.

Pilih cara untuk meletakkan lantai Anda. Anda dapat meletakkannya dengan cara panjang untuk mengikuti garis cahaya dari jendela atau lebar untuk membuat ruangan kecil terlihat lebih besar.

Letakkan papan pertama di sudut kiri di atas lapisan bawah, dengan ujung lidah pendek menempel ke dinding. Masukkan spacer ekspansi pada ujung papan dan pada interval di sepanjang dinding, termasuk pada titik di mana papan bergabung.

Langkah 5
Letakkan ujung papan berikutnya, letakkan lidah pendeknya ke lidah panjang papan pertama pada sudut 30 °.

Menurunkan papan akan menguncinya pada tempatnya. Untuk lantai laminasi drop lock, gunakan tindakan ke bawah dan dorong lidah panel kedua ke bawah dan masuk ke alur panel pertama. Dengarkan klik yang memberi tahu Anda bahwa papan terhubung.

READ  Peralatan ini Wajib Ada di Rumah Anda

Lanjutkan ke akhir baris, tempat Anda mungkin harus memotong papan agar pas. Pastikan bahwa papan terakhir setidaknya memiliki panjang 300 mm. Jika tidak, Anda mungkin harus memotong papan pertama.

Langkah 6
Untuk mengukur papan terakhir, putar 180 ° dan letakkan di sebelah yang sebelumnya, dengan spacer ekspansi pada pinggir atau dinding.

Dengan menggunakan kotak dan pensil, gambar garis di atas papan – sejajar dengan ujung yang sebelumnya. Periksa kecocokan, lalu potong sesuai ukuran dan masukkan untuk menyelesaikan baris pertama.

Jika terpotong lebih dari 300 mm, dapat digunakan untuk memulai baris berikutnya, jika tidak, Anda dapat memotong papan menjadi dua.

Langkah 7
Jika menggunakan gergaji panel, jepit papan di meja kerja, pastikan papan menghadap ke atas dan melihat.

Hanya gunakan tekanan dan / atau potong pada sapuan ke bawah. Saat menarik gergaji ke atas, jangan biarkan gergaji menyentuh bagian yang tidak terpotong dari garis.

Jika menggunakan gergaji mesin, jepit papan di meja kerja – harus menghadap ke atas jika menggunakan pisau laminasi, atau menghadap ke bawah jika menggunakan pisau kayu.

Potong perlahan-lahan di sepanjang garis, tidak bergerak terlalu cepat atau potongan mungkin tidak lurus seperti yang Anda inginkan.

Jika menggunakan gergaji mitra, posisikan gergaji pada permukaan yang kokoh dan rata (seperti meja kerja) dan jepit ke tempatnya. Atur sudut gergaji untuk potongan yang dibutuhkan. Buka kunci atau lepaskan gergaji sehingga papan dapat diletakkan pada sandaran gergaji dan terpasang pada tempatnya. Saat memotong papan panjang, pastikan papan berada pada posisi yang cukup dan dipegang dengan aman di tempatnya sehingga tidak terjatuh atau ‘dilempar’ oleh mata pisau.

Perlahan-lahan turunkan bilah dan potong papan.

Langkah 8
Gunakan potongan dari baris pertama untuk memulai baris berikutnya dengan ujung terpotong di dinding. Tekan maju dan turun untuk menguncinya di tempat. Ulangi di sepanjang baris, pastikan semua sambungan dari baris sebelumnya memiliki jarak minimum 200 mm.

Atau, untuk ruangan yang lebih kecil menggunakan laminasi sudut ke sudut, jepit seluruh baris papan menjadi satu. Kemudian, dengan bantuan, angkat baris ke sudut sekitar 30 ° dan tekan ke bawah untuk mengunci tepi panjang bersama.

READ  Cara Melepas Keran Dapur dengan Mudah

Sekali lagi, untuk lantai laminasi drop lock, geser tepi panjang papan ke tempatnya dan gunakan tindakan ke bawah dan dorong lidah panel kedua ke bawah ke alur panel pertama. Dengarkan klik untuk memastikan papan terhubung.

Langkah 9
Untuk memotong papan agar sesuai dengan baris terakhir, tempatkan satu per satu secara langsung di atas baris sebelumnya, ke arah yang akan diletakkan. Tahan di tempatnya dengan sedikit paku yang bisa digunakan kembali. Kemudian sejajarkan papan ketiga di atas dengan lidahnya menyentuh spacer di papan pinggir. Gunakan tepi papan ini untuk menandai garis pemotongan dengan pensil di papan di bawahnya. Ukur dan potong satu papan pada satu waktu pada posisi itu harus diletakkan, kalau-kalau dinding Anda sedikit keluar. Setelah Anda memotong seluruh baris, letakkan di tempatnya.

Referensi menarik lainnya: harga wiremesh

Langkah 10
Kemungkinan pada titik tertentu Anda harus memotong papan agar pas dengan pipa radiator. Untuk melakukan ini, gunakan profil untuk menyalin bentuk pipa yang kemudian dapat Anda lacak ke papan. Jika Anda tidak memiliki profil, letakkan papan pada posisi di sebelah pipa radiator. Gunakan pensil untuk menggambar garis melintasi lebar papan pada titik menyentuh pusat pipa.

Letakkan ujung depan papan hingga ke pipa dan tandai di mana pusat pipa memotong garis yang telah Anda gambar – jangan lupa untuk memasukkan celah ekspansi di dinding. Di sinilah Anda perlu mengebor lubang Anda.

Langkah 11
Jepit papan ke meja kerja dan gunakan bor listrik dengan bor kayu datar 30 mm atau 32 mm atau lubang gergaji untuk memotong lubang pada posisi pipa.

Langkah 12
Gambarlah dua garis dari lubang ke tepi papan, masing-masing pada sudut luar sedikit.

Langkah 13
Potong rapi sepanjang garis pensil dengan jigsaw dan jaga agar potongannya tidak terpotong.

Langkah 14
Pasang papan pada posisinya dan kemudian gunakan perekat kayu untuk merekatkan baji (pada kayu bukan pada dasarnya). Segera bersihkan perekat yang berlebih dan sembunyikan lubang ekspansi dengan kerah pipa

READ  Tips Sebelum Membeli Lampu Dapur

Langkah 15
Jika pintu terbuka ke dalam ruangan, periksa apakah pintu akan terbuka di atas lantai dan bar ambang baru. Jika tidak, lepaskan pintu dan potong atau potong lajur dari bagian bawah pintu.

Jika Anda perlu memotong kusen pintu, letakkan papan terbalik di atas sepotong alas di samping kusen pintu.

Kemudian letakkan panel melihat rata di atas papan dan memotong bagian bawah architrave.

Langkah 16
Gunakan pahat kayu dan palu kayu untuk membuang sisa kayu. Jangan lupa untuk membiarkan celah ekspansi di dinding di bawah architrave saat Anda pas lantai dan mendasari.

Jika architrave melampaui skirting, jangan mencoba memotong lantai agar pas di sekitarnya. Anda akan mencapai hasil akhir yang lebih rapi dengan memotong architrave sehingga lapisan bawah dan lantai akan pas di bawahnya.

Langkah 17
Untuk menyesuaikan ambang batas, hati-hati mengukur dan menandai takik yang akan dipotong dari setiap ujung ambang ambang batas sehingga sangat cocok dengan ambang pintu di setiap sisi.

Langkah 18
Potong takik dengan gergaji besi dan paskan ambang batas di tempatnya.

Amankan sesuai dengan instruksi pabrik.

Langkah 19
Setelah lantai diletakkan, sentuhan akhir terakhir adalah menambahkan trim lantai laminasi.

Ukur dan tandai dengan pensil pada panjang trim lantai laminasi di mana potongan harus dibuat.

Gunakan pemotong scotia untuk memotong sudut ke sudut 45 °. Atau, gunakan gergaji mitra atau duri gergaji dan blok mitra.

Langkah 20
Oleskan perekat rekat ke bagian belakang trim lantai (bukan alas) agar menempel ke papan pinggir daripada lantai. Ini memungkinkan lantai untuk mengembang dan berkontraksi.

Lepaskan spacer ekspansi dan tekan trim lantai di tempatnya dan pegang dengan kuat dengan beberapa buku berat saat perekat mengering. Anda juga dapat dengan lembut memalu pin panel untuk menempelkannya pada tempatnya saat mengering.